Pelaksanaan Pesantren Ramadhan 1445 H.

Diposting oleh 04 Apr 2024

KARTASURA - Siswa sebagai remaja dengan segala vitalitasnya menyimpan sejumlah potensi yang patut di kembangkan. Dimasa depan ia merupakan pelaku utama dalam perubahan masyarakatnya, sehingga maju mundurnya kehidupan mendatang ada di tangannya. Dan bagaimana dia sukses dijamannya amat tergantung kepada keseriusan mereka dalam membia dirinya untuk menjadi generasi yang berkepribadian Islami yang tangguh (bersyakriyah Islamiyah) yaitu memiliki pemikiran, perasaan dan perilaku yang islami.

Siswa dengan kepribadian islam hanya mungkin terwujud bila telah diajarkan kepadanya berbagai disiplin keilmuan yang bersumber dari nilai-nilai Al-Quran dan Sunnah  yang meneladani Rosulullah Muhammad SAW.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan pendidikan agama tidak cukup hanya ditempuh melalui kegiatan belajar dikelas dalam waktu 3 jam pelajaran perminggu, akan tetapi juga perlu ditempuh dengan kegiatan – kegiatan lain sebagai salah satu alternative yang layak dilaksanakan dalam rangka meningkatkan peran pendidikan agama disekolah.

Sejalan dengan pemikiran diatas, serta untuk mengoptimalkan hadirnya bulan Ramadhan sebagai Syahrul Tarbiyah, maka Pembina Kerohanian Islam SMA Negeri 1 Kartasura, sebagaimana rutinitas tahun-tahun sebelumnya, mengadakan paket pembinaan kepribadian islam bagi seluruh peserta didik melalui kegiatan pesantren kilat.

Materi pembelajaran untuk pesantren kilat ini merupakan rangkaian yang mencakup lima aspek yaitu : keimanan, ibadah / muamalah, al quran, akhlak, dan tarikh/sejarah islam. Kemampuan dasar yang diharapkan adalah agar para siswa memiliki pengetahuan yang cukup dalam memahami dan menghayati rukun iman, mengamalkan rukun islam, memahami cara bersuci, mampu membaca, menyalin dan menyimpulkan kandungan ayat al quran, memiliki akhlakul karimah, serta memahami sejarah islam sehingga dapat terwujud dalam sikap perilaku dan disiplin dalam melaksanakan tata kehidupan sesuai dengan aqidah syariah agama islam. Sedangkan bagi siswa yang beragama non muslim diisi dengan kegiatan pembinaan kerohanian dengan materi pemahaman al kitab, adapun jadwal kegiatan menyesuaikan dengan jadwal pesantren kilat.

MAKSUD DAN TUJUAN     

Kegiatan pesantren kilat ini dimaksudkan sebagai sarana pembinaan moral dan peningkatan ilmu serta amal bagi siswa SMA Negeri 1 Kartasura.

 Adapun tujuannya adalah sebagai berikut :

  1. Agar siswa berkepribadian Islami, berakhlak mulia dalam kehidupannya.
  2. Menerapkan dan mengamalkan ajaran islam dalam kehidupan sehari – hari.
  3. Membentengi siswa tehadap pengaruh yang negative dan arus sekulerisme global yang kontroversi terhadap ajaran islam.

WAKTU DAN TEMPAT

Hari/Tanggal   : Kamis s/d Jum’at, 4 s/d 5 April 2024

Waktu             : 07.30 WIB s.d. 11.30 WIB

Tempat            : Aula SMA Negeri 1 Kartasura

MATERI

  1. Materi Aqidah / Keimanan
  2. Materi Fiqih
  3. Materi Al Quran dan Hadis
  4. Materi Akhlak
  5. Materi Tarikh/Sejarah Islam

Demikian kami sampaikan garis besar rencana Program Pesantren Kilat Ramadhan 1445 H SMA Negeri 1 Kartasura, kami berharap bantuan dari pihak terkait demi suksesnya pelaksanaan program ini sebagai wujud tanggung jawab dalam menyiapkan siswa-siswi sebagai aset masa depan yang beriman dan bertaqwa, semoga Allah SWT meridhoi upaya kita, Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Kategori : Berita Sekolah,